Senin, 18 Oktober 2010

Architecture Gallery



ABSTRAKSI

GALERI ARSITEKTUR
Transformasi Arsitektur Jepang Modern
Dalam Perancangan

 ARCHITECTURE GALLERY
Architectural Transformation
of Japan Modern Architecture

Arsitektur adalah metode atau ilmu dalam merancang lingkungan buatan baik bangunan maupun lingkungan alam sekitarnya serta membuat konstruksi bangunan yang salah satunya adalah mencirikan suatu periode sejarah atau dari suatu tempat tertentu.
Sebagai kota pelajar, Yogyakarta adalah salah satu kota yang cukup berperan dalam dunia kearsitekturan. Dari fakta yang ada sekarang, banyak kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan arsitektur sulit untuk berkembang lebih luas karena tidak adanya sebuah tempat khusus yang menaungi kegiatan-kegiatan tersebut. Salah satunya adalah kegiatan-kegiatan dari mahasiswa arsitektur sendiri sebagai calon generasi dalam perkembangan arsitektur. Karya-karya mereka lebih banyak dinikmati oleh kalangan mereka sendiri bukan untuk kalangan masyarakat umum yang kurang mengenal arsitektur karena lebih sering diselenggarakan dikawasan kampus.
Kebanyakan galeri yang ada sekarang adalah galeri seni yang lebih khusus digunakan oleh para komunitas seni untuk memamerkan karya-karya seni mereka dan kebanyakan yang menikmati hanyalah orang-orang yang mengerti dunia seni saja tanpa ada sesuatu yang dapat menarik masyarakat umum untuk datang ke galeri tersebut. Sehingga konsentrasi mereka  sekarang ini hanyalah menemukan hiburan dari beberapa mall tanpa adanya alternative hiburan lain yang lebih berbobot, yaitu hiburan yang memiliki kandungan ilmu. Untuk itu dengan adanya Architecture Gallery ini diharapkan agar kegiatan-kegiatan mereka tersebut dapat dilaksanakan pada tempat yang memang memiliki fungsi sebagai wadah kegiatan-kegiatan yang bergerak dalam bidang kearsitekturan tersebut.

RUMUSAN MASALAH
1.    UMUM
·      Bagaimana merancang bangunan Architecture Gallery yang dapat menampung produk-produk atau hasil karya arsitek, biro arsitektur maupun mahasiswa arsitektur dan sarana-sarana yang menunjang kegiatan dibidang arsitektur.
·      Merancang media interaksi antara arsitek, biro arsitektur, mahasiswa arsitektur dan masyarakat umum terhadap produk atau karya dibidang arsitektur.
2.    KHUSUS
·         Bagaimana menciptakan bangunan yang sesuai dengan tema “Japan Modern Architecture” dalam “Architecture Gallery”.

TUJUAN DAN SASARAN
1.    TUJUAN
Merencanakan dan merancang bangunan Architecture Gallery yang dapat menampung produk-produk atau hasil karya arsitek, biro arsitektur maupun mahasiswa arsitektur dan sarana-sarana yang menunjang kegiatan dibidang arsitektur.
2.    SASARAN
1.    Mencari rumusan konsep bangunan Architecture Gallery, antara lain kebutuhan ruang, jenis ruang dan besaran ruang.
2.    Mencari rumusan konsep Japan Modern Architecture.
3.    Mencari rumusan konsep tipe sirkulasi untuk digunakan dalam Architecture Gallery sehingga dapat memaksimalkan fungsi ruang.
4.    Mengidentifikasi pelaku (pengguna, pengelola dan pengunjung) dalam Architecture Gallery.
5.    Mengidentifikasai produk-produk arsitektur dari sisi pengguna.
6.   Terwujudnya bangunan Architecture Gallery.

METODE PERANCANGAN
1.    SURVEY LAPANGAN
Survey lapangan adalah survey yang dilakukan untuk mendapatkan data-data secara langsung atau berada langsung dilapangan dengan cara :
1.   Pengamatan langsung (site)
·      Kondisi tapak site
·      Kondisi wilayah sekitar site
2.    Wawancara
Kegiatan yang dilakukan disini adalah wawancara dengan pengelola atau perancang galeri di Yogyakarta.
2. STUDY LITERATUR
Study literatur adalah study yang dilakukan untuk memperoleh data-data sekunder yang telah diteliti oleh orang lain melalui study  kasus, antara lain :
·         Standar perancangan bangunan
·         Studi kasus pada bangunan Japan Modern Architecture
3.  CARA MENGANALISIS DAN MEMBUAT KESIMPULAN
·      Analisa kuantitatif adalah pemecahan masalah terhadap unsur-unsur permasalahan yang meliputi analisa site, analisa tata ruang, analisa jenis sirkulasi dan analisa bentuk bangunan.
·      Analisa kualitatif adalah pemecahan masalah terhadap unsur-unsur permasalahan yang meliputi analisa besaran ruang, analisa jenis dan jumlah ruang.
·      Kesimpulan adalah penyimpulan dari hasil analisa permasalahan bangunan Architecture Gallery ke suatu konsep dasar perencanaan dan perancangan bangunan.

POLA PIKIR















































 DESIGN REPORT




















1 komentar:

  1. untuk pembahasannya masih kurang baik bro,harusnya ad penjelasannya yang relevan untuk mencapai design mu.. tapi design oke ko :) ..
    salam arsitektur

    BalasHapus